Senin, 06 Agustus 2012

Proposal



Proposal Panitia Pembangunan & Renovasi
MASJID JAMI’ TAUFIQUL HUDA
1.     Pendahuluan / Muqadimah
Tidak dapat disangkal lagi, bahwa kwalitas masyarakat kita merupakan cerminan masa depan bangsa. Suatu bangsa yang gagal membina masyarakat, moralitas dan kapabilitas akan menjadi bangsa yang kalah dikemudian hari.
Negara-negara maju di dunia sangat khawatir dengan kemajuan masa depan bangsa mereka. Apalah artinya kemajuan ekonomi, kecanggihan teknologi dan militer, kepemimpinan atas dunia, sementara masyarakat sedemikian rusak moralnya, bodoh serta tidak dapat diharapkan di masa depan sebagai bangsa yang maju.
Generasi masyarakat islam, sebagai elemen penting di Indonesia harus bangkit dan bahu membahu mengembangkan program pembinaan masyarakat yang bermuara pada pencapaian kwalitas iman dan taqwa serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mumpuni.
Pembinaan moralitas masyarakat semakin menjadi prioritas utama apabila melihat fenomena (gejala) bangsa Indonesia yang semakin terpuruk dalam krisis ekonomi yang parah dan bermuara pada rusaknya moral secara massal.
Kerusakan ini tidak dapat diperbaiki apabila kita tidak melakukan apa-apa. Ada kerja besar yang harus dilakukan untuk sebuah perubahan besar di masa depan. Lahirkan masyarakat baru yang berbeda. Tanamkan keimanan dalam lubuk hati mereka yang paling dalam. Cengkramkan ilmu pengetahuan di sel-sel otak mereka yang cerdas dan gemilang. Bimbing potensi mereka agar terarah dan berkembang.

2.      Dasar Pemikiran Dan Latar Belakang
Berangkat dari dasar pemikiran dan latar belakang tersebut di atas, kesadaran akan kewajiban untuk ikut berperan serta dalam perbaikan moralitas masyarakat, maka kami panitia beserta jama’ah Masjid Jami’ TAUFIQUL HUDA, Kel. Cipayung, Kec. Ciputat, Tangerang Selatan, Banten akan membangun dan merenovasi Masjid Jami’ TAUFIQUL HUDA.

3.      Landasan Dasar Pelaksanaan
Pembangunan & Renovasi Masjid Jami’ TAUFIQUL HUDA dilaksanakan atas dasar musyawarah dan mufakat, hasil keputusan bersama para pemuka/ tokoh masyarakat, pengurus/ jama’ah Masjid Jami’ TAUFIQUL HUDA, pada hari Minggu tanggal 15 April 2012 ( Ahad, 23 Jumadl Akhir 1433 H).

4.      Nama Kegiatan.
Adalah Pembangunan & Renovasi Masjid Jami’ TAUFIQUL HUDA sebagai pengembangan sarana dan prasarana/fasilitasnya.

5.      Maksud dan Tujuan.
Pembangunan & Renovasi Masjid  Jami’ TAUFIQUL HUDA dilaksanakan dengan maksud dan tujuan agar Keberadaan Masjid  Jami’ TAUFIQUL HUDA saat ini yang kurang maksimal dengan tuntutan jaman dengan sarana dan prasarana serta fasilitasnya, daya tampung dan lain sebagainya. Insya Allah dalam proses pembangunan & renovasi ini dengan pengembangannya akan lebih maksimal dengan harapan kita semua.

6.       Lokasi Bangunan, Luas dan Status Tanah.
Lokasi bangunan        : Jl. Cendrawasih. RT.001, RW.06. Kel. Cipayung, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan.
Luas Tanah                   :  245 m²
Luas bangunan            :  589,36 m²
Status Tanah                :  Wakaf (Haji Syuaib Alm)
Nomor hak Milik          :  889
Tahun                            : 26 Oktober 1992

7.      Gambar Bestek Rencana Bangunan/Blok Plan.
   (Terlampir di Progress Pembangunan)

8.      Waktu Pelaksanaan.
Pelaksanaan pekerjaan bangunan & renovasi ini dilaksanakan mulai bulan Agustus 2012, sampai dengan selesai dalam batasan waktu relatif.

9.      Panitia Pelaksana/Penanggung Jawab.
Susunan panitia/penanggung jawab pembangunan, terlampir.

10.  Sumber Dana dan Estimasi Anggaran (RAB).
A.  Sumber Dana.
Sumber dana diperoleh dari :
1.   Modal awal sebesar Rp. 100.000.000,- (Seratus Juta Rupiah).
2.   Bantuan/swadaya murni warga masyarakat/jama’ah, Dermawan dan Donatur yang syah dan tidak mengikat.
3.   Bantuan dari lembaga/instansi pemerintah dan swasta.
4.   Bantuan lainnya yang syah dan tidak mengikat.

B. Estimasi Anggaran (RAB).
Anggaran biaya Pembangunan & Renovasi Masjid  Jami’ TAUFIQUL HUDA membutuhkan anggaran biaya ± Rp. 1.141.568.033,- (Satu Milyar Seratus Empat Puluh Satu Juta Lima Ratus Enam Puluh Delapan Ribu Tiga Puluh Tiga Rupiah), RAB terlampir.
11.  Penutup.
Demikianlah proposal/kerangka acuan pembangunan & Renovasi Masjid  Jami’ TAUFIQUL HUDA dengan pengembangannya ini kami buat, dengan menyadari akan segala keterbatasan kamampuan yang ada pada kami, maka bantuan dan partisipasi semua pihak yang menaruh perhatian pada pelaksanaan Pembangunan & Renovasi Masjid  Jami’ TAUFIQUL HUDA ini sangat kami harapkan.
Atas do’a restu, dukungan dan partisipasinya kami haturkan banyak terima kasih. Semoga bantuan dan partisipasinya dijadikan sebagai amal yang kekal di sisi Allah S.W.T, dan mendapatkan balasan yang berlipat ganda. Amin…


Panitia Pembangunan & Renovasi
Masjid Jami’ TAUFIQUL HUDA
Ketua,

       ( H. Abd. Hafid Pasiangan, SE )

Sekretaris,

             ( Mohammad Djen )

Mengetahui
Ketua DKM Masjid Jami’ Taufiqul Huda,

( H .Syafei.HS )
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar